Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja

Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja - Hallo sahabat PajakBro - Info Pajak bagi Profesional, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel npwp-pribadi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja
link : Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja

Baca juga


Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja

Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja

Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Membuat NPWP untuk yang belum bekerja. Apakah aturan pajak membolehkan membuat NPWP untuk yang belum bekerja? Mengapa yang belum bekerja sering ditolak saat ingin membuat NPWP? Agar Anda lebih memahami aturan yang berlaku, silahkan simak ulasan kami berikut.

Aturan Pembuatan NPWP

Pada artikel syarat membuat NPWP, khusus untuk pegawai atau karyawan diwajibkan untuk melampirkan keterangan kerja. Keterangan kerja ini didapatkan dari tempat Anda bekerja, jadi Anda bisa memintanya di bagian kepegawaian atau HRD.

Idealnya, kartu NPWP hanya bisa diberikan untuk mereka yang sudah bekerja, untuk itulah kantor pajak mensyaratkan surat keterangan kerja.Banyak yang salah paham di sini, tentang aturan yang berlaku di kantor pajak, dengan apa yang terjadi di lingkungan kerja.

Banyak perusahaan yang mewajibkan calon pendaftar di perusahaannya sudah memiliki NPWP. Padahal kantor pajak memiliki aturan sendiri tentang boleh tidaknya seseorang memiliki NPWP.
Secara aturan perpajakan, NPWP diberikan kepada mereka yang sudah memiliki penghasilan

Penghasilan Tidak Kena Pajak

Pernah kah Anda mendengar istilah ini? PTKP. Penghasilan Tidak Kena Pajak. Perlu Anda tahu, dalam perhitungan pajak atas gaji Anda, tidak semuanya dikenakan tarif pajak. Ada sejumlah penghasilan Anda yang tidak diperhitungkan pajaknya, itulah PTKP.

Untuk saat ini PTKP dalam setahun, untuk pria/wanita lajang tanpa tanggungan adalah Rp 36.000.000 per tahun, atau Rp 3.000.000 per bulan. Yang artinya, jika penghasilan Anda di bawah Rp 3.000.000 per bulan, maka tidak ada pajak yang dipotong atas gaji Anda.

Bagi kantor pajak, jika penghasilan Anda masih dibawah PTKP maka Anda belum wajib memiliki NPWP. Jika orang yang bekerja dengan gaji di bawah Rp 3.000.000 per bulan saja tidak wajib memiliki NPWP, bagaimana untuk Anda yang tidak bekerja? (PTKP 2016 naik sebesar 50% selengkapnya baca PTKP 2016 Terbaru)

CARA MEMBUAT NPWP BAGI YANG BELUM BEKERJA, APAKAH BISA?

Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja

Bagaimana solusinya? Dalam hal ini masing-masing kantor pajak memiliki kebijakan sesuai dengan kondisi di lapangan. Saya pribadi tidak bisa memberikan jawaban pasti akan hal ini. Rekan saya di kantor pajak batam pernah mengatakan jika mereka menolak setiap pendaftaran NPWP untuk orang yang belum berpenghasilan.

Yang artinya, jika Anda sudah bekerja, berapapun gaji Anda (walaupun di bawah 3 juta) tetap boleh mendapat NPWP. Sementara jika Anda belum bekerja, maka akan ditolak. Dan bagusnya, kebijakan di kantor pajak batam ini diiringi sosialisasi ke perusahaan-perusahaan di sana agar tidak mensyaratkan NPWP untuk melamar kerja.

Namun kembali lagi, kantor pajak di tempat Anda mungkin saja memiliki kebijakan sendiri. Saran saya bagi Anda yang mau melamar kerja dan butuh NPWP, jangan nekat langsung ke kantor pajak untuk daftar NPWP, karena Anda belum tahu kebijakan di kantor pajak tersebut, dan kemungkinan Anda akan pulang dengan tangan kosong.

Jika Anda belum bekerja, silahkan minta keterangan dari desa/kelurahan tentang status pekerjaan Anda saat ini. Jangan diisi belum bekerja. Isilah yang paling sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Misalkan untuk pekerjaan bisa diisi "freelance", wiraswasta, pegawai swasta, dll. Ok? Jadi seperti itu lah pejelasan saya untuk cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja. Dan selalu ingat bahwa ada kewajiban setelah Anda memiliki NPWP.
Artikel ini juga berlaku untuk Anda yang masih mahasiswa, karena banyak pertanyaan terkait boleh tidaknya mahasiswa memiliki NPWP, dan semoga artikel diatas cukup menjawab.



Demikianlah Artikel Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja

Sekianlah artikel Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja dengan alamat link https://pajakbro.blogspot.com/2017/01/apakah-bisa-membuat-npwp-untuk-melamar_4.html

0 Response to "Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel